Home > All Post, Hamster > Hamster Siria

Hamster Siria


Hamster Siria berasal dari padang pasir di Timur Tengah dimana ia hidup dalam liang-liang dalam bukit-bukit pasir. Jenis ini paling umum dipelihara karena dapat dipegang oleh anak kecil dengan mudah. Binatang dewasa berukuran panjang 17-22 cm. Umumnya jenis ini jinak terhadap manusia, tetapi tidak terhadap jenis hamster lainnya. Karena itu jika hendak memelihara hamster jenis ini, harus ditempatkan dalam satu kandang terpisah dengan hamster lainnya, karena kemungkinan besar akan menyerang hamster yang lain jika ditempatkan dalam satu kandang bersamaan.
Hamster Siria yang umum dikenal adalah Hamster Siria (Syrian Hamster) dan Hamster Kerdil Rusia (Dwarf Cambell Russia).

Ia adalah binatang malam, yang tidur di siang hari dan aktif di sore dan malam hari, namun jika hamster sudah terbiasa diajak main pada pagi hari, kemungkinan pola tidurnya akan mengikuti si pemilik (jika pemilik sering bermain dengan hamsternya). Pandangan matanya jelek, tetapi penciuman dan pendengarannya tajam. Ia mempunyai kantong pipi yang dapat mengembang, dimana ia menyimpan makanan yang akan dibawa ke sarangnya.
Hamster Kerdil Campbell Rusia berasal dari padang rumput Asia Tengah (Rusia, Mongolia dan bagian barat laut Cina).

Binatang dewasa berukuran panjang 10-12 cm, yang betina sedikit lebih panjang daripada yang jantan. Umur rata-ratanya 2 – 2 .5 tahun, meskipun ia dapat hidup sedikit lebih lama.

Dibanyak negara (terutama di Amerika dan Eropa), hamster kini menjadi binatang peliharaan kecil yang sangat populer.

Pemeliharaan
Hamster dipelihara di dalam kandang, yang terbuat dari kawat atau aquarium kaca. Karena giginya tajam, kayu atau bambu tidak tepat digunakan. Lantai kandang perlu dilapisi dengan serutan gergaji atau sekam padi yang dapat menyerap air kencingnya. Carikan-carikan kertas dapat disediakan sebagai sarangnya. Ia akan menimbun makanan dan menaruh bayi (jika ada) di sarang ini.

Hamter adalah binatang yang menyukai kebersihan. Jika kandang cukup besar, ia akan menggunakan satu sudut kandang sebagai WC dan sudut yang lain sebagai sarang.

Makanan
Makanan hamster pada umumnya adalah biji-bijian (beras/nasi, roti, jagung) dan sayuran (seperti wortel, timun dan buncis), namun jangan jadikan sebagai bahan utama. Binatang kecil ini tetap membutuhkan gizi yang cukup, dan dapat diperoleh melalui makanan kemasan yang sudah lengkap gizinya. Makanan protein tinggi seperti daging atau susu, juga penting terutama ketika bayi-bayi dalam masa pertumbuhan atau pada ibu hamster yang sedang hamil atau sedang mempunyai bayi Jika makanan cukup mengandung cairan, air minum tidak diperlukan.

Hamster mempunyai kantong di pipinya dimana ia mengumpulkan makanan. Ia menekan makanan ke dalam kantong yang akan mengembang dan membawanya ke sarang. Disini makanan dikeluarkan untuk ditimbun. Lapisan dalam kantong pipi ini sangat halus, sehingga makanan yang tajam dapat melukainya.

Pembiakan
Hamster mempunyai bayi rata-rata 8 . Tetapi ia dapat melahirkan sampai 16 bayi sekaligus (Syrian Hamster).
Pada umumnya ia mulai melahirkan sesudah berumur 3-4 bulan, meskipun kadang-kadang ada juga yang mulai melahirkan pada umur 1 bulan, namun tidak dianjurkan hamster yang berusia kurang dari 4 bulan untuk melahirkan, karena dapat menyebabkan cacat pada anak hamster, ataupun dapat mengakibatkan kematian bagi ibu dan anak hamster. Makanan yang jelek (misalnya kurang protein) akan mengakibatkan si ibu mencari protein tambahan dengan memakan bayinya sendiri (kanibal), atau lingkungan yang tidak mendukung (lingkungan yang berisik) membuat si induk merasa tidak nyaman/stress dapat menyebabkan induk memakan anaknya..

Seluruh warna asli (self-coulours) hamster siria berasal dari 2 gen warna, yakni gen e (Eumelanism) dan gen a (Melanistic Black).

Hamster Siria Black/Hitam pertama kali masuk ke Inggris pada tahun 1991. Sejak saat itu, hamster dengan warna paling gelap yang mungkin adalah Sable. Berbeda dengan Sable yang memiliki bulu berwarna coklat gelap dan cincin diseputar mata dengan warna lebih pucat, Melanistic Black berwarna hitam pekat sampai kakinya. Warna ini sama pada semua hamster siria, walau kadang muncul warna putih di bagian telapak kaki dan perut. Di Amerika, hamster siria black kadang disebut Black Bear Hamster; bukan hanya hitam tapi juga kadang kala berukuran lebih besar.

 

Gambar   hamster Siria

Variasi Hamster Siria terlihat pada tabel di bawah ini,

Warna
Asal
Golden Agouti
Black Mutasi
Cinnamon Mutasi
Cream (Mata Hitam) Mutasi
Grey (Gelap) Mutasi
Grey (Silver) Mutasi
Grey (Terang) Mutasi
Rust Mutasi
Umbrous Mutasi
Sephia Mutasi
White (Telingan Gelap) Mutasi
Yellow Mutasi
Beige Rust x Dark Grey
Blonde (Mata Merah) Light Grey x Cinnamon
Chocolate (Mata Hitam) Black x Rust
Chocolate (Sable) Cream (Mata Hitam) x Rust x Gen Umbrous
Copper Cream (Mata Hitam) x Rust x Gen Umbrous x Cinnamon
Cream (Mata Merah) Cream (Mata Hitam) x Cinnamon
Dove Black x Cinnamon
Honey Cinnamon x Yellow
Ivory (Mata Hitam) Cream (Mata Hitam) x Grey (Terang)

Cream (Mata Hitam) x Grey (Silver)

Cream (Mata Hitam) x Grey (Gelap)Ivory (Mata Merah)Cream (Mata Hitam) x Grey (Terang) x Cinnamon

Cream (Mata Hitam) x Grey (Silver) x Cinnamon

Cream (Mata Hitam) x Grey (Gelap) x CinnamonLilacCinnamon x Grey (Gelap)Lilac PearlCinnamon x Grey (Gelap) x YellowMinkCream (Mata Hitam) x Cinnamon x Gen UmbrousMink (Blue)Cream (Mata Hitam) x Cinnamon x Gen Umbrous x Rust x Grey (Gelap)Roan (Mata Hitam)Cream (Mata Hitam) x Gen Umbrous x Gen White-BelliedSableCream (Mata Hitam) x Gen UmbrousSmoke PearlGrey (Gelap) x YellowTortoishell & WhiteYellow x Banded atau Spot x warna apapunWhite (Mata Hitam)Cream (Mata Hitam) x Gen White-BelliedWhite (Telinga Flesh)Cinnamon x White (Telinga Gelap)Yellow BlackYellow x Black

Catatan:

  • Perlu diperhatikan, pada waktu mengembangkan hamster yang mengandung gen white-bellied dapat menghasilkan anak yang tidak memiliki mata.
  • Sebaiknya tidak mengawinkan hamster yang keduanya satin, karena dapat sebagian atau seluruh keturunannya akan memiliki bulu yang tipis atau bahkan ada bagian yang botak.
  • Informasi ini belum mencakup seluruh warna yang mungkin masih dapat ditemukan lagi oleh peternak di seluruh dunia.
  • Informasi ini diperoleh dari Midland Hamster Club, Inggris. Sehingga bisa saja ada warna yang belum masuk di Indonesia atau bisa juga warna tertentu terdapat di Indonesia tetapi belum tercatat di tabel di atas.
Categories: All Post, Hamster
  1. No comments yet.
  1. 29/04/2011 at 19:24

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: